Wisata Air Panas, Sembuhkan Rematik dan Gatal

November 05, 2015
Area wisata pemandian air panas di desa Sangubanyu, kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, banyak didatangi wisatawan dari berbagai kota. Selain menikmati liburan dengan merendam badan di air panas, mereka juga datang kesini adalah dalam rangka pengobatan gatal-gatal akibat penyakit kulit seperti borok, panu, kadas, kudis, kurap, gatal akibat jamur, eksim dan lain-lain. Selain itu, banyak orang dari luar kota melakukan terapi untuk pengobatan rematik, pegal dan linu, dan bahkan sampai penyakit akibat serangan darah tinggi.

wisata air panas  Sangubanyu

Akan tetapi, proses penyembuhan penyakit tidak terjadi dalam 1 hari. Orang-orang telah berhasil menyembuhkan penyakit parah mereka oleh terapi penyembuhan dengan merendam badan di air panas pada setiap pagi dan sore selama minimal 7 hari, bahkan lebih. Namun, ada beberapa orang dapat sembuh dari penyakitnya dengan hanya berendam 2 hingga 3 hari, jadi cepat dan lambat sebuah proses penyembuhan tergantung dari tingkat keparahan penyakit. Tetapi anda jangan kuatir, warga desa Tirtomoyo dan desa Sangubanyu menyediakan tempat tinggal sementara ( penginapan ) dengan biaya yang murah dan terjangkau, seperti yang diceritakan oleh Bu Sri, seorang penjual jajanan yang mangkal di sekitar lokasi wisata air panas.

Kandungan sulfur ( belerang ) dan suhu panas bumi pada air adalah yang memainkan peran dalam penyembuhan dari berbagai penyakit kulit, sedang suhu panas pada air juga mampu mengendorkan otot-otot sehingga membuat badan menjadi lebih rileks. Air panas ini berasal dari aliran sungai Lampir yang berhubungan langsung dengan aktifitas gunung Perahu. Wisata di pemandian air panas menyajikan 2 kategori, yaitu pemandian di tingkat panas dengan suhu 40 derajat celsius, dan pemandian di tingkat medium dengan suhu 35 derajad celcius.

Jika anda punya waktu luang dalam liburan, main ke tempat ini dan rasakan sensasi seperti pijitan ketika air yang panas meresap ke dalam kulit. Tiket masuk area wisata adalah Rp 3.000 termasuk ongkos parkir dan harga tiket berlaku untuk hari-hari biasa dan hari minggu. Ada 5 fasilitas bangunan yang tersedia, 2 bangunan kamar mandi untuk wanita, 2 bangunan kamar mandi untuk pria dan 1 bangunan untuk ruang ganti baju. Ruang ganti baju disekat menjadi 2 bagian, untuk pria dan wanita.

Dulu, posisi area wisata air panas ada di sebelah timur sungai Lampir, di Kecamatan Plantungan dan termasuk peta wilayah kabupaten Kendal. Akibat terjadi banjir bandang pada tahun 1992, banyak bangunan di sekitar area wisata dan rumah penduduk di sekitar sungai Lampir mengalami hanyut dibawa banjir. Sungai Lampir adalah sebuah sungai yang menjadi pemisah antara wilayah Kabupaten Kendal ( sebelah timur ) dan Kabupaten Batang ( sebelah barat ). Banjir bandang terjadi akibat bendungan pada sungai Lampir adalah jebol sehingga mengakibatkan beberapa bangunan di area wisata menjadi rusak berat.

Karena situasi menjadi tidak memungkinkan untuk membangun kembali, maka area wisata air panas dipindah ke sebelah barat dari sungai Lampir yang kemudian dikelola oleh Pemda Kabupaten Batang dan kemudian nama diganti menjadi wisata pesanggrahan air panas.

Meskipun begitu, untuk mencari alamat yang tepat dan dipakai untuk mencari lokasi wisata pemandian air panas adalah tetap menggunakan alamat yang lama, yaitu di jalan Pramuka, desa Tirtomulyo, kecamatan Plantungan dan posisi area wisata adalah tepat di belakang Lembaga Pemasyarakatan Pemuda kelas 2B dengan kode pos 51362, dimana 51 adalah kode pos untuk wilayah Kendal. Selain itu, satu-satunya jalan yang mudah dijangkau untuk menuju area wisata oleh beberapa kendaraan tipe roda 2 dan 4 adalah di jalan Pramuka yang termasuk peta wilayah Kabupaten Kendal. Salam !

0 Comments