Wisata Goa Anjani Di Desa Tlogoguwo

November 04, 2015
Kecamatan Kaligesing dikenal dengan daerah yang menyajikan banyak area wisata seperti goa wisata dan air terjun. Salah satu goa tersebut adalah goa anjani. Goa anjani beralamat di desa Tlogoguwo, kecamatan Kaligesing, dengan jarak kurang lebih 15 km dari kota Purworejo.

Deskripsi singkatnya, posisi mulut goa ada di area dinding perbukitan sehingga bisa menyulitkan wisatawan ketika hendak mengunjungi area tersebut. Jalur menuju goa agak sulit karena posisi jalan adalah setapak yang berada di sisi pinggiran bukit dimana jika wisatawan tidak hati-hati maka akan bisa tergelincir dan jatuh.

Wisata Goa Anjani

Selain itu, pada posisi pintu masuk ke area goa belum tersedia tempat parkir dan untuk sementara area parkir di tempatkan di sekitar kantor kelurahan desa Tlogoguwo , dekat kolam renang. Jadi, wisatawan bisa mandi di kolam renang yang tersedia setelah mengunjungi goa anjani. Jarak jalan menuju goa anjani adalah sekitar 50 meter dari kantor kelurahan dengan tipe jalan menanjak. Posisi goa ada disebelah kiri jalan dengan ditandai adanya gazebo kecil.

Bentuk mulut goa anjani adalah membentuk segitiga dengan lebar alas sekitar 1.5 meter. Goa anjani berada di lingkungan perbukitan menoreh dengan kondisi tanah gamping seperti halnya goa-goa lainnya semisal goa seplawan. goa nguwik, goa kijang kencana, dan goa kiskenda.

Nama anjani diambil dari nama seorang putri cantik, Dewi Anjani, putri angkat Resi Gotama dalam pewayangan di serial Ramayana. Menurut mitos, dewi anjani pernah bertapa di goa tersebut selain dia juga bertapa di telaga Madirda atas perintah Resi Gotama sebagai akibat rebutan Cupu Manik Astagina dengan saudaranya, Sugriwa dan Subali yang juga anak angkat Resi Gotama.

0 Comments