Bermain Penyu Di Wisata Pantai Congot Kulon Progo

December 03, 2015
Pantai Congot adalah salah satu pantai yang berada di jajaran laut selatan pulau jawa dan cukup banyak dikunjungi wisatawan. Wisata pantai ini berada di lokasi provinsi Yogyakarta, alamat paling tepat untuk pantai congot adalah di dusun : Nglawang, desa : Jangkaran, kecamatan : Temon, dan termasuk peta wilayah kabupaten Kulon Progo.

Posisi pantai congot berada di sebelah timur sungai Bogowonto, dimana sungai ini merupakan perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Yogyakarta, atau bisa juga dikatakan perbatasan antara kabupaten Purworejo dengan kabupaten Kulon Progo.

Wisata Pantai Congot

Pada hari libur terutama di hari minggu, banyak wisatawan baik itu dari mancanegara maupun wisatawan lokal mengunjungi pantai ini untuk menikmati panorama pantai congot mempunyai ombak yang tidak begitu besar dibanding pantai-pantai laut selatan lainnya di Yogyakarta. Akan tetapi, kondisi tepi pantai adalah agak curam sehingga ada larangan untuk wisatawan ketika mereka ingin berenang atau bermain pasir di pinggir pantai.

Salah satu keberuntungan dari wisatawan adalah dapat bertemu dan bermain dengan penyu-penyu liar yang berada di muara sungai Bogowonto, orang-orang sekitar menyebut sebagai muara Congot. Akan tetapi, orang-orang dari Purworejo lebih sering mengatakan muara sungai bogowonto. Satu hal yang penting, anda dilarang membawa pulang atau mengganggu jika anda menemukan penyu-penyu kecil di area pantai congot. Sebab, penyu-penyu tersebut dilindungi oleh pemerintah, baik itu penyu kecil atau besar.

Mungkin, kita bisa membawa penyu-penyu kecil ke dalam tas, namun hal ini membahayakan jika diketahui oleh penjaga pantai atau orang-orang disekitar yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, dan anda akan dikenai pidana kurungan dan denda jika memaksa untuk mengambil penyu-penyu tersebut, biarkan penyu-penyu tersebut hidup bersama habitat mereka sendiri.

Penyu-penyu di pantai congot tidak menampakkan diri pada sebuah hari jika suasana ramai orang. Kita bisa bertemu dengan penyu-penyu liar tersebut jika di hari dengan suasana sepi, semisal pada hari-hari kerja dimana pada hari ini sangat jarang wisatawan yang hadir di pantai congot. Akan tetapi, penyu-penyu tersebut lari jika bertemu dengan manusia. Jika ingin bermain dengan mereka, berikan makanan untuk penyu-penyu liar tersebut semisal ikan kecil yang sudah disediakan oleh penjual yang mangkal di area pantai congot.

pantai congot kulon progo

Rute perjalanan ke pantai Congot


Pantai congot berada di sebelah timur pada sekitar 7 km dari pantai Jatimalang Purworejo, dan berada di sebelah barat pantai Glagah pada sekitar 5 km. Jika anda memulai rute perjalanan ke pantai congot dari Purworejo atau Kutoarjo, anda harus mengambil jalur di jalan Daendeles. Setelah sampai di pertigaan Pos Lalu Lintas Ternak desa Jangkaran, anda mengambil ke arah kiri. Sekitar 1 km anda akan sampai di pantai Congot.

Tarip tiket untuk masuk ke lokasi pantai congot dibandrol Rp 4.000 per orang. Dengan harga tiket itu, anda bisa menikmati 2 pantai sekaligus, yaitu pantai congot dan pantai Glagah. Pantai congot juga menyediakan beberapa kolam renang untuk anak sehingga anak-anak anda bisa bermain air kolam, disamping menikmati panorama dan ombak laut.

0 Comments