Wisata ke Curug Ngedok Kembar Mayang Donorejo

December 04, 2015
"Nama asli dari air terjun ini adalah curug ngedok, dan nama ini sudah ada sejak dulu " tutur seorang warga desa Donorejo. " Sehubungan dengan adanya usaha komersialisasi, nama curug ngedok diganti menjadi curug Kembar Mayang dan dikelola secara swadaya oleh Pok Darwis ( Kelompok Sadar Wisata ) Puspita Loka desa Donorejo.

Ngedok diambil dari nama sebuah alas ( hutan ) yang bernama alas Ngedok ( hutan Ngedok ) sehingga memunculkan nama curug Ngedok, karena wisata air terjun ini berada di tengah alas Ngedok " Dia menambahkan.

Wisata Curug Ngedok Donorejo

Wisata alam berupa curug Ngedok atau air terjun Kembar Mayang berada di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, dan masih ikut dalam peta wilayah di Kabupaten Purworejo. Meski dengan ketinggian sekitar 13 meter, curug Ngedok menawarkan panorama dan keindahan dengan sensasi alami. Curug Kembar Mayang berada di tengah sebuah alas milik warga Donorejo. Jalan menuju lokasi air terjun masih dalam bentuk tanah dan belum dilakukan pengerasan jalan sehingga menjadi licin bila setelah hujan datang.

Di sekitar jalan menuju curug Ngedok atau air terjun Kembar Mayang, banyak tanaman bambu, singkong, kelapa, dan pohon pisang. Ada beberapa titik jalan yang curam sehingga membuat pengunjung harus berhati-hati ketika turun menuju lokasi curug. Selain itu, kondisi tanah adalah berupa tanah gembur dan mudah longsor sehingga butuh perhatian khusus untuk menangani masalah ini.

Rute perjalanannya, jika anda dari kecamatan Kaligesing, anda harus mengambil arah menuju desa Donorejo. Curug Ngedok atau air terjun Kembar Mayang berada di sekitar 1 km sebelum Goa Nguwik, dan 2 km sebelum Goa Seplawan. Posisi berada di sebelah kiri jalan dan masuk sekitar 500 meter di sebuah gang perkampungan. Saat menuju lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki dan kendaraan anda harus diparkir di salah satu rumah penduduk. Jarak perjalanan dari area parkir menuju lokasi air terjun Kembar Mayang adalah sekitar 500 meter.

0 Comments