Wisata Gardu Pandang Di Curug Sewu Sukorejo

November 03, 2015
\ Jika anda sedang dolan ke wilayah sekitar Kabupaten Kendal, jangan lupa singgah di Sukorejo. Sukorejo adalah tempat kelahiran saya. Sukorejo banyak menyuguhkan berbagai area wisata, salah satu diantaranya adalah taman wisata air terjun Curug Sewu, atau grojogan sewu. Mungkin nama curug sewu ini sudah tidak asing di telinga, namun mungkin banyak juga yang baru mendengar nama tentang curug sewu di Sukorejo Kendal.

Alamat lengkap air terjun curug sewu adalah di desa Curug Sewu, kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, sekitar 7 km dari kecamatan Sukorejo atau 8.5 km dari POM Bensin Sumber atau 8 km dari desa Sumber, desa tempat kelahiran saya.

Wisata Curug Sewu Sukorejo

Meski banyak yang pernah mendengar nama, namun belum tentu mereka melihat secara langsung keindahan taman air terjun curug sewu, terutama panorama dan keindahan alam yang tampak dari gardu pandang curug sewu yang mempunyai ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan laut. Ketinggian gardu pandang curug sewu itu sendiri adalah sekitar 170 meter dari tanah, sedangkan ketinggian air terjun curug sewu adalah kurang lebih 80 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Saat anda berada di gardu pandang, anda akan disuguhi panorama yang sangat indah dengan hembusan angin yang sejuk. Panorama pantai utara juga dapat anda saksikan langsung dengan batas cakrawalanya yang semakin menambah keindahan suasana liburan anda.

Selain itu, anda juga bisa melihat keindahan bentuk dari air terjun secara langsung yang tampak dari kiri gardu pandang tanpa sesuatu yang menghalangi pandangan anda. Banyak wisatawan mancanegara yang pernah singgah di curug sewu. Di sekitar area curug sewu juga tersedia beberapa hotel, salah satunya adalah Hotel Curug Sewu Indah yang posisinya kurang lebih 100 meter dari area parkir.

Gardu pandang di curug sewu berada kurang lebih 70 meter ke arah sebelah kiri dari pendopo. Pendopo curug sewu adalah sejenis gazebo untuk tempat istirahat para wisatawan atau tempat khusus dalam acara-acara tertentu. Di gardu pandang, anda akan sering berjumpa dengan kera-kera liar akan tetapi tidak galak. Namun, kera-kera liar di curug sewu agak nakal karena sering mencuri jajanan warung.

Warung makanan dan kuliner juga dapat anda jumpai disekitar gardu pandang. Jadi, anda tak perlu susah membawa perbekalan dari rumah dalam rangka piknik selama liburan. Anda cukup penuhi dompet anda. Jajanan disini murah, harga bakso cuma Rp 8.000 sedang harga mie ayam dibandrol Rp 7.000. Jangan lupa, beli kacang yang banyak untuk memberi makan kera-kera, mereka akan lebih cepat akrab dengan anda selama menikmati keindahan alam di gardu pandang. Salam !

0 Comments