Wisata Gardu Pandang di Bukit Goa Seplawan

November 02, 2015
Keindahan panorama alam nan elok tampak dari sudut gardu pandang di bukit Goa Seplawan yang menggambarkan lukisan alami dari Sang Maha Pencipta. Gugusan pepohonan tampak seperti permadani hijau di sejauh mata memandang yang berbatas cakrawala dan langit biru yang dihiasi sekumpulan burung-burung. Semilir angin dingin tapi menyegarkan menerpa kulit dan wajah sehingga menambah elok panorama di bukit seplawan.

Wisata  Goa Seplawan

Gardu pandang di bukit seplawan berada di ketinggian kurang lebih 2.395 kaki atau 730 meter dari permukaan laut. Bukit seplawan masih termasuk gugusan perbukitan menoreh di lingkungan batu gamping yang berada di wilayah desa donorejo, Purworejo. Posisi ke arah gardu pandang adalah ke sebelah kiri dengan jarak kurang lebih 50 meter dari area parkir dengan jalan menanjak.

Jarak antara kota Purworejo dengan wisata goa seplawan adalah sekitar 20 Km dengan rute dari kota Purworejo ke arah jalan Desa Cangkrep menuju desa Kaligesing kemudian ke desa Donorejo. Perjalanan dari desa Kaligesing hingga wisata goa dan bukit seplawan adalah sekitar 5 km dengan jalan menanjak dan banyak tikungan tajam. Selain itu, ada beberapa titik tanah dengan kondisi yang mudah longsor sehingga anda perlu waspada.

Pada +/- 3 km, anda perlu mampir sebentar untuk singgah di Goa Nguwik yang secara kebetulan masih satu jalur dengan rute Goa Seplawan untuk melihat temuan fosil binatang purba. Sepanjang perjalanan, anda akan ditawarkan berbagai spanduk terkait daerah wisata setempat. Harga tiket masuk ke lokasi Goa Seplawan pada hari minggu di bandrol Rp 8.000 sudah termasuk biaya keamanan parkir. Salam!.

0 Comments